Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PERAKITAN

1. Sebutkan Tolls Yang Digunakan ketika merakit komputer.

Alat-alat yang diperlukan untuk merakit komputer

hai semua. posting saya kali ini adalah tentang merakit komputer. sebelum kita merakit komputer. ada beberapa alat yang diperlukan dan juga beberapa software untuk mengoptimalkan kelancaran system komputer. dan dalam hal ini saya bagi dalam 3 kategori.
1.hardware
hardware dalam komputer adalah berupa tools nyata, yang bisa disentuh oleh kita. hardware ini berupa Harddisk, dan lain-lainnya.

untuk merakit komputer, kita membutuhkan hardware ini.
sekarang akan saya sebutkan semua hardware standar dan penting untuk merakit komputer kita sendiri.
1.harddisk
2.cd/dvd roms
3.motherboard (lebih sering dikenal Mobo)
4.power supply
5.chasing
6.prossesor (optional) kenapa optional? karena sekarang sudah ada type mobo yang onboard. jadi prosesornya langsung melekat di mobo. nama mobo itu adalah intel atom. 
7.Ram (Random Access Memory)
dengan 6 hardwware diatas, kamu sudah bisa merakit komputer milik kamu sendiri. sebenarnya ada hardware yang lainnya untuk komputer kamu, namun semua itu optional. dengan 6 hardware diatas saja maka kamu sudah bisa menjalankan komputer kamu sendiri.
2.software
software ini untuk mengoptimalkan komputer agar bisa berjalan sepenuhnya masuk ke dalam program, tanpa software . komputer kamu hanya bisa di duduki diatasnya. tidak usah dimainkan saja. he..
software yang paling penting yang akan saya sebutkan adalah Software Booting Windows, linux, dan software booting lainnya. kalau menurut saya yang paling bagus adalah windows xp. ada windows xp 1, 2, dan yang trends sekarang adalah Wins 7 (Seven).
lalu apa kegunaan software booting ini di komputer kita? jawabannya mudah. kamu sekarang lagi baca artikel ini kan melalui komputer? nah coba kamu lihat tampilan desktop atau gambar tampilan depan komputer ini, menurutmu apa yang membuatnya hidup seperti ini dan berjalan seperti ini? ya. tentu. software booting ini lah yang membuatnya berjalan mulus. tanpa ini. komputer kamu hanya akan bertulisan putih dengan layar blank hitam. begitu juga kalau software booting ini rusak. secara otomatis komputer kamu tidak akan bisa berjalan mulus lagi. dan kamu tidak akan bisa membuka internet lagi.

3.driver software
driver software ini yang dimaksudkan adalah software yang mendukung system kinerja komputer kamu, misalnya, kinerja layar tampilan komputer, suara komputer chipset dan usb.
driver software ini sangat mudah ditemukan karena kalau kita beli Mobo. maka kaset atau driver software ini sudah ada dalam 1 paket. jika tidak ada, kamu harus menanyakannya ke tempat dimana kamu membelinya. jika tanpa ini. kamu tidak bisa mengoptimalkan kinerja komputer kamu, kamu tidak bisa mendengar suara dari speaker sound kamu dan tampilannya juga biasanya lebih besar. hal ini juga termasuk sangat penting dalam pengoptimalan komputer kamu agar berjalan seperti biasanya.
sekiranya sudah saya sebutkan semua alat-alat yang paling penting sebelum merakit komputer kamu.  jika ada kekurangan, mohon di maafkan. dan dikoreksi lagi. oh iya, kamu juga bisa tambahkan driver lainnya. seperti sound card, vga card dan lainnya. semoga info saya membantu.
 
 
SUMBER : http://ilmukomputerterbaru.blogspot.com/2010/12/alat-alat-yang-diperlukan-untuk-merakit.html
 
 
2. Sebutkan Macam-Macam Mobo ?
 
 

Jenis-Jenis Motherboard Terbaru

Advertisement
Jenis-Jenis Motherboard pada masa kini memiliki banyak varian dan model yang bermacam-macam. Motherboard itu sendiri merupakan komponen yang terpenting dari sebuah computer atau laptop karena komponen tersebut merupakan pengatur dari jalannya semua rangkaian yang terpasang dan tersambung kepada motherboard, dari processor, memory, slot dan komponen eksternal lainnya. Jenis motherboard juga merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi kecepatan dari motherboard itu sendiri, beberapa contoh jenis motherboard adalah AT baby/AT, ATX, BTX, dan ITX. Dalam memilih jenis motherboard yang akan anda gunakan dalam computer anda, ada baiknya anda meneliti terlebih dahulu, jenis apa yang cocok dan dapat di gunakan pada computer yang akan anda rancang, karena hal ini sangat berpengaruh besar dalam hal perancangan computer.
Yang membedakan dari jenis-jenis motherboard AT tersebut adalah format yang di gunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama, kemudian format tersebut di tingkatkan kembali oleh format ATX untuk membentuk sirkulasi udara yang lebih baik dari sebelumnya sehingga lebih mudah mengakses komponen computer. Beberapa model motherboard mengalami perubahan dari tahun ke tahun, untuk saat ini tipe motherboard bervariasi ada yang di sebut Socket A, Socket 370, Socket 478, Socket LGA 775. Perbedaan dari jenis motherboard di atas adalah kemampuannya dalam menerima model processor yang akan anda gunakan untuk computer anda.
Jenis-Jenis Motherboard Terbaru

Jenis-Jenis Motherboard Terbaru

Jenis-jenis motherboard yang pertama adalah Socket A dan Socket 370. Motherboard Socket A di rancang untuk digunakan dengan system CPU AMD Duron, Sempron, dan Athlon. Jenis motherboard ini tidak cocok dengan processor yang menggunakan system intel dan menggunakan 453 pin dapat terhubung ke CPU. Socket A dapat mendukung kecepatan pemrosesan antara 600MHz dan 2.333 MHz, jenis ini juga memilki batas heat sink dari 10.6 ons. Socket 370 adalah jenis motherboard yang biaasa di gunakan oleh Intel. Jenis ini juga di kenal dengan socket PGA370 dan memiliki lubang 370-pin untuk mendukung koneksi CPU. Jenin motherboard ini sering di gunakan bersama Pentium II, III, dan CPU Celeron processor. Heat sink batas berat untuk jenis ini adalah 6.3 ons.
Jenis-jenis motherboard berikutnya adalah Socket 478 dan Socket LGA 775. Motherboard socket 478 memilki lubang pin 478 untuk koneksi CPU. Jenis ini di gunakan oleh Intel dengan perusahaan Pentiuym 4 dan Celeron processor. Koneksinya memiliki batas beban berat sekitar 100 pon. Socket LGA 775 di gunakan oleh Intel processor Pentium dan Celeron processor. LGA 775 mampu menangani kekuatan pemrosesan lebih dari jenis lainnya, seperti data transfer dalam kapasitas gigabyte. Jenis ini memiliki koneksi 775-pin untuk menghubungkannya ke CPU dan memiliki kemampuan untuk bekerja dengan processor dual maupun quad core, yang dapat mentransfer data dengan lebih cepat.
Demikian penjelasan singkat tentang jenis-jenis motherboard terbaru, semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua
 
SUMBER : http://komponenelektronika.biz/jenis-jenis-motherboard-terbaru.html
 
 
3. Sebutkan Macam - maccam Hardisk dan Drive ? 
 
 

Macam Macam Jenis Harddisk dan Penjelasannya

Seperti yang kita tahu bahwa harddisk merupakan piranti penyimpanan, dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.
Hard disk terdiri atas tiga bagian utama, yaitu piringan magnetik, bagian mekanis, serta head untuk membaca data. Piringan tersebut digunakan untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis bertugas memutar piringan tersebut. Jenis hard disk bermacam-macam, tergantung pada kategori yang digunakan. Misalnya, berdasarkan jenis interface-nya, tingkat kece¬patan transfer data, serta kapasitas penyimpanan data.
Jenis interface yang terdapat pada hard disk bermacam-macam, yaitu ATA (IDE, EIDE), Serial ATA (SATA), SCSI (Small Computer System Interface), SAS, IEEE 1394, USB, dan Fibre Channel. Jenis interface menentukan tingkat data rate atau kecepatan transfer data. Misalnya, hard disk SCSI memiliki kecepatan transfer ± 5 MHz, artinya mampu melakuan transfer data hingga 5 Mb per detik.
Di antara sekian banyak jenis interface, hanya tiga jenis hard disk yang sering digunakan, yaitu IDE, SATA, dan SCSI. Hard disk SCSI biasanya banyak digunakan pada server, workstation, dan komputer Apple Macintosh mulai pertengahan tahun 1990-an hingga sekarang. Sedangkan hard disk yang banyak digunakan pada komputer personal (PC) adalah jenis SATA.Berikut ini akan saya jelaskan secara lebih detail jenis-jenis harddisk :

ATA
AT Attachment (ATA) adalah antarmuka standar untuk menghu¬bungkan peranti penyimpanan seperti hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM di komputer.
ATA singkatan dari Advance Technology Attachment. Standar ATA dikelola oleh komite yang bernama X3/INCITS T13. ATA juga memiliki beberapa nama lain, seperti IDE dan ATAPI. Karena diperkenalkannya versi terbaru dari ATA yang bernama Serial ATA, versi ATA ini kemudian dinamai Parallel ATA (PATA) untuk membedakannya dengan versi Serial ATA yang baru.
Parallel ATA hanya memungkinkan panjang kabel maksimal hanya 18 inchi (46 cm) walaupun banyak juga produk yang tersedia di pasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi (91 cm). Karena jaraknya pendek, PATA hanya cocok digunakan di dalam komputer saja. PATA sangat murah dan lazim ditemui di komputer.Nama standar ini awalnya adalah PC/AT Attachment. Fitur utamanya adalah bisa mengakomodasi koneksi langsung ke ISA BUS 16-bit sehingga dinamai AT Bus. Nama ini kemudian disingkat menjadi AT Attachment untuk mengatasi masalah hak cipta.

SATA
SATA adalah pengembangan dari ATA. SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total. Adapter dari serial ATA mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA sederhana.

Antarmuka SATA generasi pertama dikenal dengan nama SATA/150 atau sering juga disebut sebagai SATA 1. SATA 1 berkomunikasi dengan kecepatan 1,5 GB/s. Kecepatan transfer uncoded-nya adalah 1,2 GB/s. SATA/150 memiliki kecepatan yang hampir sama dengan PATA/133, namun versi terbaru SATA memiliki banyak kelebihan (misalnya native command queuing) yang menyebabkannya memiliki kecepatan lebih dan kemampuan untuk melakukan bekerja di ling¬kungan multitask.
Di awal periode SATA/150, para pembuat adapter dan drive meng¬gunakan bridge chip untuk mengonversi desain yang ada dengan antarmuka PATA. Peranti bridge memiliki konektor SATA dan memiliki beberapa konektor daya. Secara perlahan-lahan, produk bridge mengakomodasi native SATA. Saat ini kecepatan SATA adalah 3GB/s dan para ahli sekarang sedang mendesain teknologi untuk SATA 6GB/s.
Beberapa fitur SATA adalah:
• SATA menggunakan line 4 sinyal yang memungkinkan kabel yang lebih ringkas dan murah dibandingkan dengan PATA.
• SATA mengakomodasi fitur baru seperti hot-swapping dan native command queuing.
• Drive SATA bisa ditancapkan ke kontroler Serial Attached SCSI (SAS) sehingga bisa berkomunikasi dengan kabel fisik yang sama seperti disk asli SAS, namun disk SAS tidak bisa ditancapkan ke kontroler SATA.
Kabel power dan kabel SATA mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan kabel Parallel ATA. Kabel data SATA menggunakan 7 konduktor di mana 4 di antaranya adalah line aktif untuk data. Oleh karena bentuknya lebih kecil, kabel SATA lebih mudah digunakan di ruangan yang lebih sempit dan lebih efisien untuk pendinginan.

SCSI
SCSI (Small Computer System Interface) dibaca “skasi” adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi di antara standar yang lainnya.
Penggunaan SCSI paling banyak terdapat di hard disk dan tape drive. Namun, SCSI juga terdapat pada scanner, printer, dan peranti optik (DVD, CD, dan lainnya). Standar SCSI digolongkan sebagai standar yang device independent sehingga secara teoritis SCSI bisa dite¬rapkan di semua tipe hardware.

Berdasarkan tingkat kecepatan putarannya, hard disk jenis IDE memiliki kecepatan putaran 5.400 rpm dan 7.200 rpm. Sedangkan hard disk SCSI mampu berputar antara 10.000 s.d. 12.000 rpm.
Tingkat kecepatan putaran piringan hard disk diukur dalam satuan RPM (rotation per minute/putaran per menit). Semakin cepat putaran hard disk, maka jumlah data yang dapat dibaca oleh head semakin banyak. Demikian pula sebaliknya.
Beberapa merek hard disk yang banyak digunakan, antara lain Western Digital (WDC), Quantum, Seagate, Maxtor, Samsung, IBM, Toshiba, dan Hitachi.

 SUMBER:http://dimasnandisuwandaya.blogspot.com/2013/05/macam-macam-jenis-harddisk-dan.html

4.

Macam-Macam RAM (Random Access Memory)


Macam RAM (Random Access Memory)
Random Access Memory (RAM), atau biasa juga disebut memory, adalah suatu  alat komputer (perangkat keras/hardware). Ram merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA. HP, Notebook, Netbook, dll) yang bersifat sementara. Artinya bila komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di ram ini akan hilang. Jadi
Fungsi Ram yaitu untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device.
Ada beberapa jenis RAM yang ada dipasaran saat ini yaitu SRAM , EDORAM , SDRAM , DDRAM, RDRAM , VGRAM dll.
Berikut ini Jenis-Jenis memory yang telah beredar : 
  
  • FPM RAM (Fast Page Mode DRAM)
Merupakan model memory DRAM yang sudah sangat tua (hasil pengembangan SIM RAM nenek moyangnya RAM) ditemukan pada sekitar tahun 1987.., RAM ini masih banyak sekali kekurangan dari segi kecepatan maupun kemampuan menampung datanya, memiliki 30 pin kaki (jumlah lempengan kuningan memory/slot), hanya dapat berjalan pada clock Maximum 16 Mhz sampai 66 Mhz dengan kecepatan aksesnya kurang lebih 50 ns,  hal ini yang menyebabkan akses pemoresesan data dalam memory menjadi sangat lambat, di jumpai pada komputer intel 386.
  • EDO RAM (Extended-Data-Out RAM)
EDO-RAM memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDO-RAM adalah SIMM (Single Inline Memory Module). Awal ditemukan pada tahun 1995 Hasil pegembangan dari FPM RAM, jalan pada clock 33-66 mhz dan memiliki 72 pin kaki. Hanya saja terdapat tambahan teknologi baru  dalam chip dimasukan Chace yang sangat membantu dalam waktu akses pemrosesan data dari RAM tersebut, EDO RAM mengalami peningkatan kecepatan hampir 40-50% jika dibandingkan dari FPM RAM pendahulunya, sudah tidak digunakan lagi pada saat ini dipakai pada komputer intel 486.
  • SD RAM (Synchronous Dynamic RAM)
SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO-RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline Memory Module). Merupakan model/type memory yang paling bertahan lama  karena lamanya RAM ini beredar di pasaran dan tak terganti-gantikan oleh jenis memory yang baru.memori ini muncul dari awal tahun 1996 sampai sekitar tahun 2001 masih saja digunakan oleh platfrom dari mainboard yang dikeluarkan pada saat itu. Dari komputer Pentium I,II,III, sampai pada awal kemunculan komputer Pentium IV. RAM ini jalan pada clock FSB 100-133 mhz, 168 pin  dan memakai daya listrik sebesar 3.3 Volt, memiliki kemampuan untuk mensingkronkan clock yang terdapat pada memory tersebut dengan clock pada processor, hal ini menyebabkan system dalam komputer dapat berjalan seimbang dengan kata lain waktu pemoresesan data menjadi lebih cepat dan efesien.
  • RD RAM (Rambus Dynamic RAM)
RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunaan untuk mendukung prosesor Pentium 4.tipe RDRAM menggunakan slot RIMM,yang mirip dengan slot SDRAM.RAM yang dikembangkan oleh perusahaan Rambus memiliki karakteristik mampu berjalan pada clock FSB 800/1066, 184-pin ,dan menggunakan daya listrik sebesar 2.5 Volt, perbedaan utama dibanding DDR RAM terletak pada bagaimana cara memoy ini mengolah datanya. pada RD RAM data di olah secara Serial sedangkan DDR RAM mengolah datanya secara pararel, RD RAM lah yang pertama kali memakai teknologi Dual Channel,walau memiliki performa yang bagus RD RAM sudah jarang digunakan lagi karena harganya tergolong mahal.. Awal keluar pada tahun 1999
.
  • DDR RAM (Double Data Rate RAM)
DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM. Slot memori yang digunakanDDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, memory ini memilki karakteristik clock FSB 266/333/400 MHz, 184-pin, 2.5 Volt, di pakai pada komputer berplatfrom Pentium IV ke atas atau sejenisnya adalah merupakan hasil regenerasi dari SD RAM, memiliki kecepatan 2x dari SDRAM sesuai dengan lamanya Double Data Rate hal ini disebabkan dalam 1 clock mampu membawa/mengakses jumlah data sebanyak 2 bit di banding SD RAM yang hanya mampu menampung data sebesar 1 bit per clocknya, memori ini dibuat untuk menyaingi RD RAM memori yang sudah terlebih dahulu keluar dan sekarang sudah menjadi penguasa pasar The King of Memory. Perkembangan memory ini pun tergolong cepat sekarang saja sudah sampai generasi ke lima (DDR , DDRII, DDRIII, DDR IV, DDR V).

 SUMBER :http://emelaviniaputri.blogspot.com/2012/11/macam-macam-ram-random-access-memory.html

5.Sebutkan Macam-Mcam Processor ?

Macam Macam Processor Komputer



Halo sobat blogger, jumpa lagi dengan blog indraservicelaptop!!! Nah… Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk sedikit berbagi informasi mengenai macam-macam processor yang dipakai dalam sebuah komputer. Anda juga bisa membaca tentang fungsi processor pada postingan sebelumnya.

Di Indonesia kita tahu ada 2 jenis processor yang paling digemari oleh masyarakat, yaitu INTEL dan AMD. Hal ini memang tidak lepas dari kehandalan kedua processor tersebut dari segi performa dan kualitas. Dan sudah dibuktikan oleh masarakat. Namun kali ini akan berbagi lebih banyak informasi mengenai jenis processor, yaitu :
  1. INTEL (gb 1)

    Merupakan sebuah processor buatan Intel Corporation. Masyarakat pasti tidak meragukan lagi dengan yang satu ini. Awal dibuat pada tahun 1968 yang mempunyai kelebihan sebagai berikut :
  • lebih tahan terhadap panas
  • Mempunyai turbo bost yang berguna untuk meningkatkan performa dan kecepatan. Seperti pada  jenis Core I3, I5 dan I7.
  • Memiliki brand alias nama yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat, sehingga mempunyai daya jual yang tinggi.
    2.  AMD (gb 2)
     AMD adalah kependekan dari Advanced Micro Device Inc. Merupakan pesaing utama intel.  Processor jenis ini banyak diminati oleh penghobi game. Karena ada salah satu produknya yang dilengkapi dengan VGA Ati Radeon. Jika dibanding dengan intel, konsumsi daya AMD lebih besar, sehingga lebih boros listrik.
    3. ARM (gb 3)
       Mungkin anda jarang atau belum pernah mendengar jenis processor ini, karena memang sebagian besar digunakan pada perangkat Handpone, music player dan router.
    4. CYRIX (gb 4)
       Diproduksi pertama pada tahun 1988. Mempunyai fitur kecepatan yang cukup optimal dan juga suhu kerja yang rendah. Namun secara kwalitas, masih dibawah intel dan AMD.
    5. TRANSMETA (gb 5)
        Awal diproduksi tahun 1995. Keunggulannya yaitu membutuhkan daya yang lebih sedikit, harga yang lebih murah dan tidak cepat panas.
    6. VIA (gb 6)
     Pertama kali diproduksi tahun 1987 oleh Negara Taiwan. Dan lebih difokuskan untuk menjalankan perangkat yang lebih ringan dan relative kecil.
               
    7. CENTAUR (gb 7)
     Dibuat pada tahun 1995 oleh Glen Henry dkk. Namun kemampuna processor ini masih kalah dibanding diatas.
Itulah artikel dari saya mengenai macam-macam processor pada komputer. Mugkin bisa dijadikan sebagai referensi pengetahuan tambahan dan juga sebagai dasar ilmu memperbaiki laptop maupun komputer.
 
SUMBER : http://www.indraservicelaptop.com/2014/03/macam-macam-processor-komputer.html
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar